Sumber Daya Manusia , Tumbuhan Dan Hewan

  • 4 min read
  • Apr 23, 2020
sumber daya manusia hewan tumbuhan

1. Pengertian

Manusia merupakan makhluk hidup yang berderajat paling tinggi. Ia mempunyai kedudukan sebagai bagian dari unsur-unsur lain yang tidak mungkin terpisahkan. Pada sumber daya manusia berbeda dengan sumber daya hayati lainnya, yang hanya merupakan penghasil energi.

Hewan dan tumbuhan merupakan sumber daya alam hayati yaitu sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Berbeda dengan sumber daya alam lainnya seperti : mineral, minyak bumi, tambang batu bara dan lainnya. Sumber daya alam hayati memiliki sifat khusus yaitu :

  • Mempunyai kemampuan bereproduksi atau berkembangbiak.
  • Mempunyai kemampuan beregenerasi yaitu memperbaiki bagian tubuhnya yang rusak.

2. Sumber Daya Manusia

Penggunaan sumber daya manusia menyangkut dua hal yaitu manusia sebagai sumber daya fisik dan sumber daya mental.

sumber daya manusia

2.1 Sumber Daya Fisik

Dengan jumlah penduduk masa produktif (usia 15-60 tahun) yang besar dapat dipandang sebagai sumber daya yang sangat potensial. Mereka dapat dimanfaatkan untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan manusia. Pemanfaatan sumber daya fisik manusia merupakan penggunaan energi yang tersimpan dalam otot.

Dengan energi yang tersimpan dalam otot ini manusia dapat bekerja dalam bidang pertanian, transportasi, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan dan sebagainya. Walaupun pemanfaatan sumber daya fisik manusia itu wajar namun cara ini harus dikurangi bahkan narus dihilangkan.

Semakin majunya teknologi dan ilmu pengetahuan, terdapat kecenderungan semakin menurunnya penggunaan energi manusia. Atau bisa disebut dengan istilah perobotan atau robotisasi.

2.2 Sumber Daya Mental

Kemampuan berakal dan berpikir merupakan sumber daya tersendiri yang hanya dimiliki manusia. Dengan akal dan pikirannya manusia dapat menjadi tenaga pengelola lingkungan hidup. Mereka dapat memanfaatkan, menata, melestarikan dan memulihkan lingkungan hidup.

Untuk itu maka penyediaan tenaga manusia yang sehat fisik saja tidak cukup. Tetapi harus tersedia pula manusia yang terampil, sehat mental dan fisik biologisnya. Peningkatan jumlah penduduk dipandang dari penyediaan sumber daya manusia memang sangat menguntungkan.

Tetapi apabila peningkatannya melebihi daya tampung lingkungan maka akan menjadikan bencana sendiri bagi manusia. Pertambahan penduduk yang begitu besar memberi tekanan pada sumber daya alam.

Apabila tidak ada kejutan teknologi yang mampu meningkatkan persediaan sumber daya alam. Maka penduduk bumi kita akan menghadapi masalah besar. Keseimbangan lingkungan tidak akan terganggu selama pertambahan penduduk masih dalam batas wajar.

Akan tetapi bila perkembangan teknologi kemudian memungkinkan manusia meningkatkan kesejahteraannya. Dan tingkat kematian dapat dikendalikan maka akan timbul ledakan penduduk yang menggoncangkan keseimbangan lingkungan.

Komposisi penduduk seperti sekarang ini sangat menghambat pengelolaan lingkungan. Serta perkembangan jumlah penduduk yang sangat pesat akan sangat menyulitkan pada penataan sumber daya alam.

jumlah penduduk indonesia
Gambar perkembangan jumlah penduduk Indonesia

3. Sumber Daya Tumbuhan

Tumbuhan merupakan salah satu komponen biotik yang mempunyai manfaat bagi kehidupan lain. Tumbuhan hijau merupakan satu-satunya makhluk hidup yang mampu mengubah zat-zat yang sebelumnya tidak dapat dimanfaatkan oleh makhluk lain.

Zat-zat tersebut diubah menjadi zat yang dapat digunakan makhluk lain (hewan dan manusia). Manusia dan hewan tidak dapat menggunakan CO2 dan uap air untuk hidup. Tumbuhan hijau akan mengubah CO2 dan H2O menjadi karbohidrat. Zat inilah yang dapat digunakan oleh hewan dan manusia untuk hidupnya.

Di samping itu dalam proses fotosintesis tumbuhan hijau juga akan menghasilkan oksigen. Dengan demikian tumbuhan hijau dapat membantu menyediakan kondisi lingkungan yang sangat diperlukan oleh hewan dan manusia yaitu lingkungan yang segar.

4. Sumber Daya Hewan

Sudah sejak berabad-abad yang lampau manusia menggunakan daya hewan. Pada mulanya hewan diperlukan oleh manusia hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan. Tetapi dalam perkembangan lebih lanjut sumber daya hewan juga dipergunakan untuk transportasi, membantu mengolah lahan pertanian, produksi bahan sandang, obat-obatan.

Belakangan ini banyak manusia mengkoleksikan berbagai jenis hewan hanya sekedar sebagai hiburan. Hutan mempunyai multifungsi antara lain sebagai penyelenggara fotosintesis, habitat organisme, dan penyedia lingkungan segar. Habitat hewan sangat memerlukan alam tumbuhan bagi kehidupannya.

fungsi hutan
Gambar multifungsi hutan bagi kehidupan

Perkembangan lebih lanjut adalah penggunaan sisa-sisa kotoran hewan untuk pupuk. Ini berarti hampir seluruh produk dari tubuh hewan dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Lingkungan alam mampu menyediakan sumber daya hewan dan tumbuhan berupa hutan rimba. Di sanalah tersimpannya sumber daya alam hayati yang masih asli atau belum terkena campur tangan atau budaya manusia. Oleh sebab itu hutan rimba sering disebut sebagai sumber gen atau plasma nutfah.

Laut merupakan tempat sumber daya alam hayati lain yang sekarang juga sedang digalakkan. Di laut banyak rumput laut atau alga. Yang merupakan bahan agar-agar, ikan, udang, kerang dan kepiting adalah beberapa hewan yang merupakan sumber protein hewani dari laut.

5. Bioteknologi Sebagai Pelestari Alam

Di samping hewan dan tumbuhan seperti yang kita lihat setiap hari. Di sekitar kita masih banyak lagi makhluk hidup yang bersifat mikroskopis yang cukup besar peranannya bagi kehidupan manusia.

Semula orang menganggap bahwa makhluk-makhluk mikroskopis itu semuanya berbahaya bagi kehidupan manusia. Namun sekarang makhluk itu menjadi sarana bagi manusia untuk menemukan berbagai jenis makhluk baru melalui proses rekayasa genetika.

Pertumbuhan penduduk dunia yang terus meningkat menyebabkan eksploitasi sumber daya alam terus meningkat. Termasuk eksploitasi terhadap sumber daya alam hewan dan tumbuhan.

Meskipun kedua jenis sumber daya tersebut mempunyai sifat dapat diperbarui. Akan tetapi apabila pengambilannya lebih dari kemampuannya untuk memperbarui diri maka akan rusak sumber daya alam hayati tersebut.

Manusia terus berusaha untuk mengembangkan potensi yang tersimpan di dalam alam untuk mengurangi laju pertumbuhan penduduk. Salah satu cara yang telah lama dilakukan oleh manusia dan sekarang terus dikembangkan adalah bioteknologi.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai bioteknologi akan dibahas terpisah pada artikel yang lainnya.

6. Sumber Daya Hayati Sebagai Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Secara alami sumber daya hayati yang terdiri atas hewan, tumbuhan, manusia dan mikroorganisme merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Hai ini dimungkinkan sebab setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk berkembang biak dan mempunyai daya regenerasi.

Sehingga apabila terjadi penurunan populasi makhluk tersebut akan mampu untuk meningkatkan kembali populasinya. Dan bila terjadi kerusakan pada dirinya maka akan mampu memperbaikinya kembali.

Sedang pada tumbuhan disamping memiliki kemampuan untuk reproduksi dan regenerasi, masih memiliki potensi lain yaitu mampu berfotosintesis. Dalam fotosintesis dihasilkan zat baru yang mampu menyediakan zat untuk organisme lain dan dirinya.

Bahkan dalam proses fotosintesis tersebut tumbuhan juga dapat menghasilkan oksigen. Oksigen adalah zat yang amat vital bagi manusia dan hewan serta makhluk-makhluk lain. Meskipun demikian kemampuan untuk berproduksi itu terbatas.

7. Pengelolaan SDA

Supaya sumber daya alam dapat bermanfaat dalam jangka waktu yang lama dan berkesinambungan dari generasi ke generasi, maka :

  • Sumber daya alam perlu dikelola untuk memperoleh manfaat yang maksimal guna meningkatkan kesejahteraan manusia. Supaya produktivitasnya tetap berkelanjutan maka pengelolaan sumber daya alam perlu diupayakan.
  • Eksploitasi atau permintaan harus masih di bawah batas daya regenerasi atau asimilasi sumber.
  • Diperlukan kebijaksanaan dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada agar dapat lestari dan berkelanjutan. Dengan cara menanamkan pengertian sikap serasi dengan lingkungan.

Di dalam pengolahan sumber daya alam yang dapat diperbarui perlu memperhitungkan :

  1. Pengolahan harus secara serentak disertai proses pembaruannya.
  2. Sebagian hasil panenannya harus dipergunakan untuk menjamin pertumbuhan sumber daya alam hayati.
  3. Teknologi yang dipakai tidak sampai merusak kemampuan sumber alam untuk memperbarui diri.
  4. Dampak negatif pengolahannya harus ikut dikelola, misalnya dengan recycling atau daur ulang.

Dalam mengolah sumber daya alam bagi pembangunan perlu dijaga supaya mutu dan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan dapat dipertahankan. Sehingga sumber daya alam yang dapat diperbarui akan terus-menerus ikut berkembang untuk dimanfaatkan bagi pembangunan.

mekanisme pertanian
Gambar mekanisme pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia

Mekanisasi pertanian merupakan salah satu upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tanpa merusak sumber daya alam sehingga tetap berkelanjutan ke generasi berikutnya. Dan proses daur ulang (recycling) merupakan salah satu cara untuk mengatasi dampak negatif dari pengelolaan lingkungan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *